TBC Kelenjar

TBC Kelenjar – Kuman Penyakit TBC Kelenjar bisa pula sewaktu-waktu menjalar ke bagian yang lembek seperti organ paru-paru, dan ia tidak jarang pula menginfeksi kelenjar getah bening. Disamping itu ia juga bisa menebar ke kulit, organ-organ penting lainnya. Bukan itu saja, sampai ke dubur pun kuman TBC ini bisa pula merambat sehingga timbul pula TBC dubur. Seperti sejak mula sudah di sampaikan, bahwa kuman TBC itu bisa menyerang bagian-bagian tubuh kita selagi bagian tubuh tersebut atau seluruh tubuh dalam keadaan melemah.

TBC Kelenjar

TBC Kelenjar

TBC Kelenjar

Bila semuanya daya tahan tubuh mejadi sehat dan kuat, kemungkinan serangan kuman apaun dapat di tangkis oleh daya tahan tubuh itu sendiri. Penyakit TBC Kelenjar yang sebagai paling sering dikenal orang menyerang paru-paru dan lebih dikenal sebagai penyakit TBC paru-paru. Namun kuman penyakit ini dapat pula menyerang alat tubuh lain diluar paru-paru. Seperti kulit dipermukaan sampai ke kelenjar dan organ-organ tubuh penting lainnya di dalam.  Tidak jarang pula yang diserangnya selaput otak, tulang dan persendian yang sebenarnya jarang terjadi kuman TBC langsung menyerang organ-organ penting tubuh lainnya.

Mulai masuknya kuman mungkin melalui saluran atas yang tidak menimbulkan kelainan seperti pada paru-paru. Tetapi kemudian berkembang ke organ lainnya dari sini kuman dapat mengikuti aliran getah bening ke tempat-tempat didalam tubuh. Dapat pula saluran yang dialirinya adalah cairan darah untuk mencapai organ penting lainnya dalam tubuh.
Bahkan kuman TBC tadi bisa pula melalui makanan seperti makanan yang mengandung bibit penyakit TBC. Diminum melalui air dengan baik terlebih dahulu kemudian mengalami proses pernapasan yang baik terlebih dahulu dan bisa pula menyebabkan penularan kuman TBC yang kita maksudkan. Ia bahkan sampai ke usus dan organ-organ tubuh lainnya.

Meskipun jelas pada beberapa jalur yang dapat ditemput oleh kuman TBC, namun dapat menyebabkan penyakit pada seseorang penyakit ini tidak segampang itu dapat muncul. Perkembangannya dapat bergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Daya tahan tubuh yang baik akan mampu melawan masuknya kuman TBC ke badan. Selain itu juga daya tahan itulah amat diperlukan, jika ada penyakit menahun. Oleh sebab itu, daya tahan tubuh perlu diperhatikan baik yang diusahakan dari luar berupa suntikan pencegahan atau berupa pemeliharaan gizi yang baik. Juga bagi mereka dengan penyakit menahun hendaklah secara teratur melakukan pemeriksaan ke dokter.

Penyakit TBC kelenjar biasanya diawali dengan gejala seperti :

  1. Demam yang terjadi dalam waktu yang lama
  2. Batuk yang terjadi dalam waktu yang lama
  3. Nafsu makan yang menurun
  4. Benjolan yang muncul disekitar leher serta ketiak dan juga sela paha atau pada daerah sekitar kelenjar getah bening

Namun, gejala umum yang biasanya ditemukan pada penyakit tuberkulosis kelenjar adalah lebih banyaknya benjolan yang muncul di sekitar leher. Dan selain itu juga benjolan yang terjadi merupakan salah satu bentuk dari pembesaran kelenjar yang biasanya akan terlihat berkumpul. Dan suatu saat benjolan-benjolan ini akan pecah kemudian akan keluar nanah. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan jika memang ada benjolan pada sekitar leher, ketiak dan paha adalah dengan memeriksakan diri Anda ke dokter.

Gejala TBC Kelenjar

Gejala penyakit TBC kelenjar memang tidak dirasakan terlalu berat oleh penderitanya. Namun, benjolan ini tiba-tiba sudah ada dan semakin membesar. Kelenjar yang terdapat di leher biasanya akan membengkak dan juga akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Hal ini biasanya juga terjadi akibat dari suatu peradangan di kelenjar getah bening akibat dari bakteri penyakit TBC tersebut. Biasanya tubuh mulai akan merasakan kelemahan, dan tidak kuat karena kecapekan. Jika capek kadang datang dan disertai dengan demam serta kelenjar leher biasanya juga akan panas.

Melakukan pemeriksaan dini, biasanya biopsi adalah salah satu cara yang dijadikan pemeriksaan paling tepat untuk membantu mengetahui apakah penyebab yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening di tubuh Anda. Penyakit TBC paru biasanya bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi jenis obat tertentu dalam waktu yang lama dan juga secara terus menerus selama 6 bulan. Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit tuberkulosis kelenjar biasanya akan membutuhkan waktu yang agak lama yakni adalah sekitar 9 bulan. Walaupun penyakit TBC kelenjar masuk ke dalam jenis penyakit TBC namun penyakit ini bukanlah salah satu penyakit yang akan menular pada orang lainnya. Kecuali jika penderita penyakit tbc kelenjar yang berkaitan juga mengalami penyakit TBC paru-paru.

Mencegah TBC Kelenjar

Cara menjaga kondisi tubuh harus tetap diperhatikan dan dipantau. Misalnya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat, makan makanan yang bernutrisi dan gizi yang baik serta dengan melakukan olahraga secara teratyr. Mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan jika perlu Anda rajin mengonsumsi vitamin untuk kesehatan tubuh. Karena jika tubuh Anda sehat, maka Anda akan lebih siap untuk mempertahankan diri dari berbagai serangan penyakit.

Tindakan operasi pada kelenjar getah bening akibat dari penyakkit tbc adalah dengan mengangkat habis semua kelenjar getah bening yang mengalami infeksi. Namun jika masih ada jaringan yang tersisa dan masih mengandung kuman TBC, maka luka dari bekas operasi biasanya akan terbuka lagi sehingga hal ini masih membutuhkan tindakan lanjutan dengan pemberian jenis obat-obatan TBC.

TBC Kelenjar


=====================================

>>> Obat TBC - Minyak Sari Buah Merah Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit TBC and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>