Penyebab TBC

Penyebab TBC – Penyakit TBC adalah penyakit menular yang ditandai dengan gejala batuk tidak sembuh-sembuh yang disebabkan oleh bakteri. Selain menyerang paru-paru, penyakit TBC juga dapat menyerang organ tubuh yang lain. TBC disebut juga TBC ekstra paru.

Penyebab TBC

Penyebab TBC

Penyebab TBC

Penyakit TBC disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis

Gejala dan Tanda-Tanda TBC

  • Batuk tidak sembuh-sembuh lebih dari 2-3 minggu
  • Demam
  • Berat badan turun
  • Keluar keringat dingin waktu malam hari
  • Terkadang batuk bercampur darah

Cara Penularan Penyakit TBC

Penyebab TBC dapat ditularkan melalui :

  • Batuk atau bersinnya penderita TBC. Kuman akan tersebar melalui udara dalam bentuk percikan ludah (droplet infection)
  • Seseorang akan tertular penyakit TBC ketika menghirup udara yang mengandung kuman tersebut ketika bernafas, apalagi jika orang tersebut belum mendapatkan vaksinasi BCG.

Cara Mencegah Penyebab TBC

Penyakit TBC dapat dicegah dengan melakukan hal-hal seperti dibawah ini :

  • Melakukan imunisasi BCG sebanyak 1 kali ketika bayi berumur 2 bulan
  • Perhatikan kebersihan rumah
  • Jangan dibiasakan meludah di sembarang tempat
  • Segera periksa ke Puskesmas jika ditemukan tanda-tanda TBC

Komplikasi TBC

Penyakit TBC dapat mengakibatkan komplikasi dan fatal bila dibiarkan tanpa diobati. Pengobatan dilakukan dengan OAT atau Obat Anti Tuberkulosis. Bila terbukti menderita TBC, penderita harus menjalani pengobatan dengan teratur. Pengobatan yang tidak teratur atau tidak sampai selesai dapat menimbulkan terjadinya resistensi/kekebalan terhadap kuman TBC. Bila sampai terjadi resistensi kuman TBC, maka akan lebih sulit lagi pengobatan yang harus diberikan.

Diagnosis yang dilakukan pada penyakit TBC aktif biasanya agak sulit. Diagnosis yang dilakukan adalah tes kulit yang biasanya dikenal dengan PPD. Hasil dari tes kulit ini biasanya tergantung dari suatu tanggapan pada sistem kekebalan tubuh dan sering kali tidak berhasil jika jumlah dari CD4 di dalam tubuh jumlahnya berada di 200. Dan lagi pula, karena pada kebanyakan masyarakat Indonesia pernah mengalami infeksi TBC, tes ini jadi jarang digunakan. Oleh karena itulah, diagnosis dari penyakit TBC pada orang dewasa biasanya dilakukan lewat pemeriksaan dahak dengan menggunakan mikroskop untuk membantu menentukan ada atau tidaknya bakteri tuberkulosis yang bentuknya seperti batang yang khas dan dikenal sebagai batang tahan asam atau BTA.

Jika dokter ingin melakukan pemeriksaan ini, maka biasanya kita diminta untuk menyediakan 3 contoh dahak : contoh pertama di ambil saat Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, satu lagi diambil dirumah kita sendiri di pagi esok hari, dan yang ketiga diambil di rumah sakit lagi. Dari ketiga jenis contoh dahak ini biasanya akan diperiksa dengan menggunakan mikroskop. Jika bakteri TBC ini dilihat, maka hasilnya disebut sebagai BTA atau batang tahan asam positif. Tes ini hanya akan berlaku untuk penderita penyakit TBC paru.

Jika hasil dari BTA negatif, maka dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan X-Ray atau foto thorax. Dan cara lain untuk meyakini bahwa dahak tersebut mengandung TBC bakteri maka bisa dibiakkan di dalam lab. Namun, tindakan ini biasanya akan membutuhkan waktu yang agak lama selama beberapam minggu dan hasilnya juga seringkali negatif atau palsu. Hasilnya negatidf walaupun penderita sebenarnya sudah terinfeksi penyakit TBC.

Jika Anda sudah terlanjur mengalami serangan penyakit TBC, maka cara yang bisa dilakukan adalah mengobati penyakit TBC dengan mengonsumsi jenis ramuan dibawah ini :

  1. Kulit manggis
    Efek dari anti bakteri yang dihasilkan kulit manggis akan membantu utuk menghambat dan juga membunuh perkembangan dari mikroorganisme misalnya adalah bakteri penyebab penyakit TBC seperti Mycobacterium tuberkulosis. Ekstrak kulit manggis sudah lama dipercaya bisa membantu mengobati penyakit TBC. Selain mengobati penyakit TBC, Kulit manggis juga membantu mengatasi berbagai penyakit dibawah ini seperti penyakit nyeri sendi, penyakit asma, penyakit alzheimer, alergi, jerawata, eksim dan jenis penyakit lainnya. Kandungan anti jamur dari kulit manggis ini merupakan hasil dari isolasi xanthone yang asalnya adalah dari kulit buah manggis dan juga dari beberapa derivate mangostin pada jamur Fusarium oxysporum.
  2. Daun sirsak
    Daun sirsak merupakan salah satu tanaman herbal alami yang berkhasiat untuk mengobati penyakit TBC. Salaha satu manfaat dari daun sirsak dengan mengolah daun nya untuk membantu mengobati penyakit TBC dan selain itu juga kemampuan dari daun sirsak untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya sistem kekebalan tubuh orang yang menderita penyakit TBC agak rendah, dan tubuhnya akan lemah serta menjadi lebih rentan untuk terkena penyakit yang lainnya. Dan disinilah manfaat dari daun sirsak melakukan perannya dengan cara menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk penderita penyakit TBC agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit yang lain sehingga membantu membuat proses penyembuhan bisa menjadi lebih cepat.
  3. Menerapkan standar hidup yang lebih baik lagi. Dengan cara menjaga pola makan yang teratur dan juga mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik, serta selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar agar tetap dalam keadaan sehat dan bisa terbebas dari berbagai serangan virus serta melakukan olahraga dengan teratur.

Itulah informasi mengenai penyakit TBC dan juga penyebab TBC, semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penyebab TBC


=====================================

>>> Obat TBC - Minyak Sari Buah Merah Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit TBC and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>