Penyakit TBC Usus

Mendengar istilah penyakit TBC usus, oramg sering mengaitkannya dengan penyakit TBC yang banyak diidap anggota masyarakat TBC paru-paru yang menyerang paru-paru. Memang TBC pada organ utama pernapasan itu erat sekali kaitannya dengan penyakit TBC usus. Malahan kuman-kuman dari TBC paru disinyalir sebagai penyebab utama munculnya penyakit TBC usus itu.

Penyakit TBC Usus

Penyakit TBC Usus

Penyakit TBC Usus

Penyakit TBC usus biasanya merupaan penyakit menahun artinya penyakit ini sudah ada di situ dan perlahan-lahan menjadi lebih berat. Sementara itu, bila penyakit TBC paru menyebabkan orang atau penderitanya sesak nafas karena organ pernapasannya (paru-paru) diserang oleh kuman-kuman TBC, maka pada penyakit TBC usus yang diserang oleh kuman itu adalah usus penderita.

Penyakit TBC usus diperkirakan disebabkan oleh serangan kuman TBC. Kuman ini bisa berasal dari penyakit TBC tang aktif di paru-paru dan darah yang mengandung kuman TBC lalu masuk ke dalam lambung. Kemudian terbawa ikut masuk ke usus halus dan berkembang bak di tempat yang baru. Kuman itu menyebar ke kelenjar-kelenjar getah bening di usus dan bagian-bagian lain pada saluran pencernaan juga selaput penutup usus di rongga perut.

Kuman itu dapat pula menyebar melalui aliran darah saat seseorang masih kecil. Ia berdiam di usus halus. Dalam pretumbuhan anak menjadi dewasa penderita sehat-sehat saja. Karena daya tahan tubuhnya masih baik. kuman tersebut baru menunjukkan aktivitasnya saat kondisi tubuh penderita menurun. Faktor penyebab TBC usus ini antara lain kekurangan gizi, penyakit–penyakit menahun seperti penyakit gula, kebiasaan minum alkohol, pemakaian obat-obatan dan sistem daya tahan tubuh yang melemah. Faktor penyebab terakhir ada kaitannya dengan infeksi HIV yang juga menyerang sistem pertahanan tubuh seseorang.

Meski penyakit TBC usus kadang-kadang merupakan penyakit menahun, sementara radang usus buntu umumnya sebagai penyakit mendadak, sehingga penderita merasa badannya agak panas. Mungkin saja penyakit radang usus buntu yang akut dapat diatasi oleh tubuh penderita snediri, sehingga radang akut seperti panas badan dan rasa sakit diperut bagian bawah tidak begitu mengganggu. Bahkan rasa sakit yang pada mulanya sangat mengganggu itu menghilang atau sangat berkurang gejalanya.

Pada kanker ganas usus, mungkn saja timbul rasa sakit di perut kanan bawah, yang lebih jelas berat badan penderita memburuk dengan cepat. Oleh sebab itu, biasa penderita selain mengeluh sakit di perut bagian bawah juga mengeluh berat badannya berkurang dengan jelas.

Penyakit TBC usus bisa disembuhkan dengan total, bahkan sisa dari parut yang ada di usus juga bisa dikembalikan dalam keadaan normal akibat penyebabnya adalah infalamasi atau terjadinya peradangan oleh kuman tuberkulosis. Dan diagnosis dari TB usus yang ditegakkan dengan melakukan bipsi. Dan jika tegak maka benjolan yang ada di susu tadi adalah akibat dari TB yang umumnya akan merespon obat yang masuk. Jenis obat yang masuk adalah obat anti tuberkulosis atau OAT yang pada umumnya adalah melakukan terapi OAT selama paling tidak 9 bulan untuk kasus penyakit TBC usus. Namun, jika sampai selama 2 tahun masih belum ada perkembangan dan perubahan yang lebih baik, Anda harus memikirkan uatu kemungkinan dari penyebab penyakit TBC yang lain. Sebaiknya lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis penyakit untuk mengevaluasinya lebih lanjut.

Mengapa Terjadi Penyakit TBC Usus

Banyak pertanyaan yang menanyakan mengapa penyakit TBC bisa terjadi di usus? Penyakit TBC bisa terjadi di paru dan juga diluar paru. Penyakit tuberkulosus yang terjadi di luar paru bisa saja terjadi di tulang, selaput otak, dan juga usus atau selaput usus yang biasanya disebut dengan peritoneum. Dan walaupun hal ini jarang terjadi, namun tuberkulosis bahkan bisa saja muncul di kulit. Penyakit tuberkulosis yang biasanya terjadi disebabkan karena kuman Mycobacterium tuberkulosis. Dan penderita penyakit tbc paru yang dtidak segera ditangani biasanya akan mengeluarkan suatu butiran ludah yang mengandung kuman penyebab tbc. Butiran ini bisa terhirup oleh orang laon dan bisa masuk ke dalam paru-paru. Selain itu biasanya kuman akan bersarang di dalam sana dan pada akhirnya akan mengalami penyebaran lewat kelenjar getah bening dan jga darah. Penyebaran yang terjadi lewat darah akan menyebabkan suatu kemungkinan terjadinya penyakit tuberkulosis di luar paru-paru. Misalnya adalah penyakit TBC di usus.

Gejala TBC Usus

Gejala penyakit tbc usus hampir mirip dengan penyakit tuberkulosa di paru yakni adalah :

  1. Demam
  2. Nafsu makan yang menurun
  3. Berat badan yang menurun
  4. Nyeri perut
  5. Adanya benjolan di dalam perut
  6. Susah buang air besar
  7. Radang usus buntu

Dan jika melakukan operasi biasanya akan didapatkan usus buntu namun akan terdapat suatu bercak putih yang muncul di selaput dinding perut yang mirip dengan keju.

Penyakit TBC usus adalah salah satu jenis penyakit yang menahun yang berarti sudah ada dan terjadi dengan perlahan berat. Selain itu jjuga, jika TBC paru biasanya akan menyebbakan penderita menjadi susah bernapas karena organ pernapasan yang mengalami serangan bakteri dan juga kuman pada TBC usus maka kuman ini juga akan menyerang usus. Selain itu, selain organ usus yang diserang penyakit TBC adalah seperto otak, ginjal, dan juga saluran pencernaan, tulang, kelenjar getah bening dan juga yang lainnya.

Penyakit TBC Usus


=====================================

>>> Obat TBC Membantu Dalam Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit TBC and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *