Penyakit TBC Paru-Paru

Penyakit TBC Paru-Paru – Tuberkulosis adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya infeksi akut atau kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Tuberkulosis menyebabkan reaksi jaringan yang aneh di dalam paru-paru, yang meliputi penyerbuan daerah terinfeksi oleh makrofag dan pembentukan dinding di sekitar lesi oleh jaringan fibrosa yang membentuk apa yang disebut tuberkel. Proses pembentukan dinding ini membantu membatasi penyebaran bakteri tuberkulosis kemudian di dalam paru-paru.

Penyakit TBC Paru-Paru

Penyakit TBC Paru-Paru

Penyakit TBC Paru-Paru

Penyakit TBC Paru-Paru ini banyak menyerang orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah, Orang-orang lanjut usia yang pada masa kanak-kanaknya pernah terserang tuberkulosis dan mereka yang hasil tes HIV-nya positif menjadi sasaran utama tuberkulosis.

Penyakit TBC Paru-Paru ditularkan melalui sekresi pernapasan yang dihembuskan penderitanya kemudian diisap oleh orang lain. Gejala Penyakit TBC Paru-Paru ini kadang kala tidak kelihatan, namun biasanya gejalanya antara lain bentuk yang berkepanjangan, rasa sakit di dada, kehilangan berat badan, dan nafsu makan serta banyak mengeluarkan keringat, terutama di malam hari. Umumnya mereka yang tinggal dikawasan kumuh yang penuh sesak dan ventilasi rumahnya buruk beresiko tinggi terjangkit penyakit ini. Penyakit ini juga lebih banyak menyerang kaum pria daripada wanita.

Kasus penyakit TBC di Indonesia masih terblilang tinggi yakni bisa mencapai sekitar 450 ribu kasus pada penyakit TBC dalam setiap tahun. Selain itu juga pada penderita penyakit TBC sekitar 65 ribu orang meninggal dunia. Penyakit TBC di Indonesia merupakan salah jenis penyakit penyebab kematian no.4 setelah penyakit stroke, penyakit diabetes, dan penyakit hipertensi tekanan darah tinggi. Kebanyakan kasus terjadi di perkotaan. Dan berbeda dengan kasus yang terjadi di perkotaan, kasus penyakit TBC yang terjadi di pedesaan merupakan salah satu penyebab kematian nomor 2 setelah penyakit stroke. Cara menanggulangi penyakit TBC paru-paru merupakan salah satu tugas dari pemerintah dan tugas individu untuk mencegah terjadinya penularan, melakukan penanganan, pengobatan dan juga penyembuhan penyakit TBC serta melakukan pencegahan pada penyebaran dari infeksi bakteri yang lebih luas lagi.

Penyebab dari penyakit TBC adalah dikarena adanya suatu infeksi yang diakibatkan dari infeksi dan juga kuman Mycobaterium tuberkulosis dan biasanya kuman ini akan menyerang paru-paru. Selain itu juga, bakteri yag menyebabkan penyakit TBC ini bisa muncul dan menyerang organ tubuh yang lain misalnya adalah kelenjar getah bening , usus serta ginjal, kandungan, tulang dan bisa juga menyerang organ otak. Penyakit TBC merupakan salah satu jenis penyakit yang penularannya sangat mudah terjadi, media atau sarana dari penularan bisa terjadi dari cairan yang ada di dalam saluran nafas yang keluar saat penderita bersin atau juga saat sedang batuk, dan setelah itu terhirup oleh orang lain yang berada di dekatnya.

Pada jenis bakteri yang mengakibatkan penyakit TBC biasanya mereka akan tertidur dan tidak akan menyerang orang yang mempunyai daya tahan tubuh tinggi dengan asupan makanan yang mengandung gizi atau nutrisi serta daya tahan tubuh yang sangat baik. Bakteri dari penyakit TBc biasanya akan lebih mudah untuk menyerang orang yang mengalami masalah pada kekurangan gizi serta mempunyai daya tahan tubuh yang rendah. Selain itu, orang yang tinggal di lingkungan yang agak buruk dengan kandungan TBC yang tinggi juga akan mudah terserang penyakit TBC paru-paru. Gizi butuk dan juga lingkungan atau sanitasi yang buruk biasanya akan mengakibatkan kuman atau juga bakteri dari penyakit TBc yang bersitirahat di dalam tubuh menjadi aktif dan bisa mengalami penyakit TBC.

Serangan Infeksi Penyakit TBC Paru

Serangan infeksi yang terjadi pada kuman TBC biasanya sering memunculkan suatu gejala yang khas atau juga tidak dan biasanya indikasi yang muncul hanya berupa batuk yang ringan dan hal ini biasanya sering dilupakan sehingga diremehkan begitu saja. Seseorang yang menderita penyakit infeksi Tbc paru-paru biasanya akan dengan mudah menularkan kuman atau juga bakteri yang ada di dalam tubuhna ke orang lain. Selain itu juga, kuan TBC yang ada di dalam paru akan menyebabkan jaringan paru-paru menjadi rusak sehingga akan memunculkan suatu tanda-tanda dan gejala yang sangat khas disaat penyakit sudah mulai parah.

Gejala TBC Paru

Gejala penyakit TBC paru-paru adalah :

  1. Disaat penderita sedang batuk atau berdahak, maka biasanya akan ada darah keluar.
  2. Penderita akan mengalami sesak nafas dan juga rasa nyeri di daerah dada
  3. Penderita juga akan mengalami demam atau panas dingin atau badan berkeringat dalam sebulan lebih.
  4. Penderita akan berkeriingat dimalam hari namun tanpa ada penyebab yang jelas.
  5. Selain itu,penderita akan merasakan tubuhnya menjadi lemah dan lesi.
  6. Penurunan berat badan juga bisa terjadi akibat nafsu makan yang hilang.
  7. Perubahan pada urin yang menjadi berwarna merah atau juga keruh. Gejala penyakit TBC ini akan muncul di kondisi yang selanjutnya.

Upaya yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit TBC adalah dengan melakukan diagnosis terlebih dahulu. Diagnosis yang ditegakkan adalah pemeriksaan fisik di sekitar paru-paru dan dada. Kemudian akan dibantu dengan pemeriksaan foto rontgent di bagian dada, pemeriksaan dahak dan darah dengan tes lab, dan juga pemeriksaan tuberculin. Pengobatan dari penyakit TBC paru-paru adalah jenis pengobatan jangka panjang antara 3-9 bulan dan penderita paling tidak harus minum sekitar 3 macam obat.

Penyakit TBC Paru-Paru


=====================================

>>> Obat TBC - Minyak Sari Buah Merah Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit TBC and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>