Gejala dan Pengobatan TBC Usus

tbc-ususPenyakit TBC Usus ini menimbulkan gejala berupa perut terasa kembung, muntah dan mencret disertai rasa sakit di perut. Akibat yang lebih berat lagi adalah adanya sumbatan usus atau pembesaran di bagian usus tertentu dan teraba sebagai tumor di perut bagian kanan bawah. Pada TBC usus sering pula usus tidak ditemukan sama sekali diagnosa penyakitnya.

Karena itulah diperlukan pemeriksaan yang lebih khusus dengan mengambil jaringan berkelainan di usus, lewat alat yang dimasukkan melalui usus. Pemeriksaan dapat pula dilakukan dengan alat USG atau CT scan. Dengan menemukan kuman yang dikembangbiakan dapat diketahui denga pasti diagnosis penyakitnya.

Namun adakalanya sulit menemukan kuman dari jaringan yang diambil itu. Untuk itu dilakukan pemeriksaan dengan sinar X, disertai dengan pemeriksaan lainnya. Penyakit TBC usus dapat pula menimbulkan rasa nyeri yang ditimbulkan menyerupai radang usus buntu. Meskipun nampaknya seperti usus buntu tidak harus cepat-cepat diangkat sebab memerlukan pemeriksaan yang lebih teliti.

Penyakit TBC usus kadang-kadang tidak memberikan gejala yang jelas, mungkin usaha pemeriksaan paru-paru dan dahak tidak memberikan tanda apa-apa. Foto rontgen biasanya juga tidak memberikan acuan yang jelas bahwa itu penyakit TBC. Hasil pemeriksaan dahak penderita juga tidak menunjukkan adnaya kuman TBC. Namun, pada obervasi selanjutnya penderita masih menunjukkan rasa sakit pada perut bagian bawah dan tidak jarang berat badannya agak menurun, meskipun tidak sehebat penurunan berat badan pada penderita penyakit kanker usus.

Untuk memastikan kelainan apa yang sedang menjangkiti penderita, dapat saja seorang dokter ahli penyakit rongga perut dan mencari sebab rasa sakit tersebut. Ternyata ditemukan adanya kelainan oleh TBC pada jaringan di sekitar usus, sehingga diputuskan untuk tidak melanjutka operasi dan menutup perutnya kembali.

Pencegahan dan pengobatan penyakit TBC usus

Penyakit TBC usus bisa dilakukan untuk diberantas dengan menggunakan pengobatan obat anti TBC. Obat itu diberikan baik kepada penderita yang telah ditemukan ada kuman penyakitnya atau yang tidak atau belum ditemukan adanya kuman TBC pada ususnya. Dengan pemberian obat itu biasanya kesehatan penderita akab cepat membaik.
Pemakaian obat-obatan TBC seperti yang dipakai untuk penyakt TBC paru-paru dapat pula digunakan untuk penyakit TBC usus ini. Pengobatan penyakit TBC usus memerlukan waktu yang cukup lama, hingga penderita diminta bersabar selama masa pengobatan itu.
Pengobatan untuk TBC yang paling tepat adalah dengan obat-obatan anti TBC. Pemberian obat-obatan ini akab berlangsung cukup lama sampai penderita dianggap sembuh. Obat-obatan yang dapat diberikan berupa obat yang diminum atau yang disuntikkan. Untuk jangka lama tentu lebih mengenakkan pemberian obat telan, umumnya dengan obat-obatan ini, kesehatan yang bersangkutan pulih kembali.


=====================================

>>> Obat TBC - Minyak Sari Buah Merah Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit TBC and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>