Cara Mencegah TBC

Cara Mencegah TBCTuberkulosis atau TBC adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri TBC(Mycobacterium tuberculosis). Ciri-ciri penderita TBC antara lain :

  • Batuk -batuk kronis
  • Berkeringat pada malam hari
  • Badan kurus dan lemah
  • Batuk berdarah akibat terjadinya rongga di jaringan paru-paru yang menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh darah di paru-paru

Disamping itu, saat proses penyembuhan bisa terjadi pengapuran jaringan paru-paru yang bisa menyebabkan berkurangnya fungsi paru-paru dalam proses pernapasan.

Cara Mencegah TBC

Cara Mencegah TBC

Gejala Penyakit TBC

Gejala TBC antara lain :

  • Badan kurus dan lemah
  • Batuk-batuk
  • Batuk berdarah
  • Pembesaran kelenjar-kelenjar getah bening
  • Sesak nafas
  • Gejala kekurangan gizi (malnutrisi) berat

Jika penyakit ini menahun atau kronis berat dan tidak terobati dengan baik, bisa menyebabkan kematian.

Cara Mencegah TBC

Penyakit TBC menyebar dan menular dengan cepat akibat lingkungan hidup yang kurang sehat, padat, dan kumuh. Bakteri TBC menyebar melalui udara pernapasan (air born infection). Dengan demikian, kepadatan penduduk di suatu daerah sangat mempermudah proses penyebaran penyakit ini. Kemiskinan menambah beratnya kondisi penyakit ini, karena kemiskinan akan mudah menyebabkan malnutrisi (kondisi kurang gizi) yang akan melemahkan atau menurunkan daya tahan tubuh. Jadi, faktor lingkungan, kondisi tubuh, dan terjangkitnya penyakit TBC merupakan proses yang berputar seperti lingkaran setan.

Agar terhindar dari penyakit TBC, setiap hari harus menjalani pola hidup sehat secara alami dengan Cara Mencegah TBC sebagai berikut :

  1. Berpikir Positif
    Berpola pikir positif sehingga terhindar dari stres yang dapat dengan mudah menurunkan daya tahan tubuh
  1. Makan yang Baik dan Benar
    Makanan hendaknya menjadi obat bagi tubuh sehingga kemungkinan terjadi malnutrisi dapat dihindari
  1. Olahraga Secara Rutin dan Teratur
    Aktivitas ini akan memperlancar aliran darah di dalam tubuh sehingga seluruh jaringan tubuh mendapatkan cukup makanan. Hal ini juga akan menjadikan kita sehat dan terhindar dari malnutrisi
  1. Mendapat Sinar Matahari
    Cukup mendapatkan sinar matahari dan udara segar. Perlu diketahui, penderita TBC sangat memerlukan oksigen akibat rusaknya jaringan paru-paru
  1. Menjaga Fungsi Organ Pembuangan
    Menjaga lancarnya fungsi organ pembuangan, yakni usus besar, ginjal, paru-paru, kulit, dan saluran getah bening, agar proses pembuangan racun bisa berjalan dengan baik dan sempurna. Di samping itu, kita harus menjaga hati agar fungsi detoksifikasi berjalan dengan baik, makan makanan yang benar, yakni makanan yang  bersifat tidak meracuni sel-sel hati, serta tidak minum-minuman beralkohol

Untuk Anda yang belum terinfeksi penyakit TBC, maka cara mencegah TBC secara alami adalah :

  1. Mengurangi kontak langsung dengan penderita penyakit TBC yang aktif.
  2. Menjaga dan menerapkan standar hidup yang baik, caranya bisa dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi, menjaga lingkungan agar tetap sehat dan baik di dalam rumah serta ditempat Anda bekerja dan selalu menjaga kebugaran tubuh dengan cara meneympatkan diri Anda dan meluangkan waktu untuk melakukan olahraga..
  3. Pemberian vaksin BCG yang bertujuan untuk membantu mencegah terjadinya infeksi TBC lebih berat lagi. Pemberian vaksin BCG ini diberikan dengan rutin kepada semua balita.

Sedangkan untuk Anda yang sudah terdiagnosis mengalami penyakit TBC, maka cara mencegah TBC adalah dilakukan dengan :

  1. Menjalani pengobatan TBC selama beberapa minggu dengan tidak bepergian kemanapun, walaupun ke sekolah, dan tidak melakukan aktivitas di kantor, sebaiknya jangan tidur sekamar dengan orang lain walaupun anggota keluarga Anda sendiri sebagai salah satu usaha dalam mencegah penyakit TBC supaya tidak menular.
  2. Sifat dari kuman dari bakteri TBC adalah mempunyai suatu kemampuan untuk menyebar bisa menjadi lebih mudah di dalam ruangan yang tertutup dan dimana udara tidak bisa bergerak dengan baik.
  3. Menggunakan masker mulut di saat Anda sudah terdiagnsosis penyakit TBc
  4. Jangan meludah pada sembarangan tempat.
  5. Hindari udara yang dingin
  6. Jangan melakukan kebiasaan berbagi barang milik pribadi dengan orang lain.
  7. Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat serta protein yang tinggi.

Cara Mengobati TBC

Cara mengobati penyakit TBC jika Anda sudah positif mengalami penyakit ini adalah :

  1. Ramuan 1
    Bahan : 15 biji bunga melati yang sudah kering, 5 lembar daun sembung, dan 1 ruas akar alang-alang.
    Cara membuatnya adalah : semua bahan tersebut direbus dengan menggunakan 1 liter. Dan kemudian biarkanlah sampai air rebusan tadi yang tersisa tinggal setenganya saja. Minuman ramuan ini sehari diminum 2 kali dalam sehari dan diminum sebanyak ¼ gelas.
  2. Ramuan 2
    Bahan : 50 gram kulit pohon pepaya, 20 gram pegagan, dan 10 gram kencur
    Cara membuat ramuan ini adalah : haluskan semua bahan tadi sampai menyatu, kemudian rebuslah bahan dengan menggunakan 800 cc air. Dan setelah itu biarkanlah sampai air yang tersisa adalah tinggal 400 cc air saja. Kemudian minumlah air rebusan tadi sampai habis dalam waktu 2 hari dan setelah itu buat lagi ramuannya.
  3. Ramuan 3
    Bahan : 20 gram kencur, 15 gram kunyit, 1 genggam daun legundi, dan gula pasir secukupnya saja.
    Cara membuatnya adalah : semua bahan-bahan diatas direbus paling tidak selama 15 menit. Kemudian jika sudah dingin, minumlah air rebusan tadi pagi hari dan sore hari dengan dosis minumnya adalah 1 gelas.

Cara Mencegah TBC


=====================================

>>> Obat TBC Membantu Dalam Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit TBC and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *